Sabtu, 10 Mei 2014

Etika Pada Teknologi Sistem Informasi

Etika Pada Teknologi Sistem Informasi

Dalam memahami etika pada sistem informasi, perlu diketahui dulu sebelumnya apa yang dimaksud dengan Etika itu sendiri. Etika dijelaskan pada wikipedia merupakan sesuatu yang mencangkup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

            Dari cangkupan tersebut sudah jelas dapat disimpulkan bahwa etika sesuatu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia itu sendiri. Sebagai manusia biasa kita sudah sepantasnya dapat mengartikan mana yang baik mana dan mana yang buruk untuk diri kita sendiri. Segala sesuatu yang akan kita lakukan hendaknya beretika, karena etika ini sangat penting untuk pemikiran seabagi manusia yang cerdas dan berakal.


Sedangkan etika pada teknlogi sistem informasi itu sendiri adalah memiliki pandangan baik dan buruk dalam pengunaan, pengelolaan dan pembuatan Teknlogi Sistem Informasi untuk kemajuan teknlogi yang ada.


Etika pada sistem informasi itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :  


1.      Etika untuk pengguna Teknologi Sistem Informasi
Pengguna adalah orang yang memakai Teknlogi Sistem Informasi ini. Sudah barang tentu sebagai pengguna TSI yang baik hendaknya memperhatikan etika yang ada, yaitu dengan cara menghormati apa yang digunakan dengan tidak merusak dan sebaiknya memakai aplikasi yang original atau mencatumkan sumber apabila anda mendaptkan informasi tersebut dari pembuat TSI ini. Dengan begitu secara tidak langsung menghormati pembuat dari aplikasi TSI ini.


2.      Etika untuk Pembuat Teknologi Sistem Informasi
Pembuat adalah orang yang menciptakan teknologi informasi, biasanya adalah lembaga besar dengan para ahli-ahli teknologi di beberapa bidang namun tidak menutup kemungkinan dilakukan secara individu, dalam membuat teknologi informasi tentu harus memperhatikan etika IT yaitu tidak menjiplak atau mengambil ide/ info dari orang lain secara ilegal.


3.       Etika untuk pengelola teknologi informasi
Pengelola adalah orang yang mengelola teknologi informasi, misalnya adalah provider telekomunikasi, etika bagi pengelola adalah merahasiakan data pribadi yang dimiliki oleh client mereka, selain itu juga tidak melakukan pelanggaran perundang-undangan ITE

Contoh sehari-hari yang ada dilihat dari sudut pandang pengguna(karena saya adalah pengguna Teknologi Sistem Informasi) adalah ketika mendapatkan sebuah tugas. Kita dihadapkan pada sebuah tugas membuat sebuah makalah atau menjawab sebuah essay. Tentunya materi yang diberikan oleh harus lebih kita kembangkan dengan cara mencari materi tersebut menggunakan teknologi sistem informasi ini. Setelah mendapatkan materi tersebut ada kalanya kita lupa untuk mencamtukan sumber atau pemilik dari materi tersebut. Etika seperti ini yang tidak boleh dimiliki sebagai pengguna TSI ini. Seharusnya setelah kita mengambil materi atau informasi dari pembuat materi tersebut, kita juga harus mengetahui sumber dari TSi tersebut dan mencatumkan pada makalah yang kita akan kita buat.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar