Kamis, 04 Oktober 2012

GRAFIK KOMPUTER dan PEMROSESAN CITRA


Grafik Komputer
Grafik komputer adalah hardware dan juga software yang tujuannya untuk membuat gambar atau citra dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi, virtual reality, dan juga game.

Pengolahan Citra
Pengolahan citra adalah pemrosesan citra itu sendiri dengan menggunakan komputer, yang menjadikan citra berkualitas lebih baik dari sebelumnya. Pengolahan citra ini berperan untuk memperbaiki citra yang telah dibuat oleh grafik komputer. Pada umumnya citra yang dibuat oleh grafik komputer masih berkualitas biasa saja/buruk, dengan pengolahan citra maka citra tersebut bisa berkualitas lebih bagus dari sebelumnya. Jadi intinya adalah MASUKANNYA CITRA, KELUARANNYA CITRA YANG LEBIH BAIK.

Teknologi Game
Game merupakan aplikasi yang ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, di balik sebuah game terdapat jutaan kode program yang membentuknya.
Dalam pembuatan game memerlukan DirectX, yaitu sebuah kumpulan API (Application Programming Interface) yang menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia, khususnya pemrograman game dan video. Kita bisa menggunakan SDK (Software Development Kit) dari DirectX itu sendiri untuk menciptakan game dengan memanfaatkan fungsi-fungsi DirectX yang telah disediakan.
Dalam perkembangan game itu sendiri sudah hampir semua game memakai teknologi mutakhir, seperti Game Maker, RPG maker, AGS ( Adventure Game Studio), Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash).

Keterkaitan dan Implementasi
Dalam game kita membutuhkan DirectX untuk membuatnya dan juga tekhnologi-tekhnologi seperti yang diatas. Dalam memakai tekhnologi diatas kita harus membuat gambar/citra yang kemudian di edit oleh pengolahan citra sehingga dapat menimbulkan efek-efek khusus seperti efek ledakan dsb. Dan memiliki kualitas citra yang jauh lebih baik.
Implementasi dari itu semua adalah game itu sendiri. Contoh game-nya adalah game yang bertipe FPS (First Person Shot), Adventure, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar