Jumat, 06 Juli 2012

Pengertian sejarah menurut para ahli


Beberapa pengertian sejarah menurut para ahli


Pengertian Sejarah Menurut Drs. Sidi Gazalba 
sejarah sebagai masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang berlaku.

Pengertian Sejarah Menurut "Bapak Sejarah" Herodotus
Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.


Pengertian Sejarah Menurut Aristotle
Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

Pengertian Sejarah Menurut Patrick Gardiner 
sejarah sebagai ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Pengertian Sejarah Menurut R. G. Collingwood
Sejarah ialah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.




Relevansi antara sejarah dan sosiologi

            Keterkaitan anatara sejarah dengan sosiologi yaitu sama – sama membahas mengenai kejadian berada di dalam masyarakat. Entah itu berupa konflik ataupun pengalaman yang terjadi pada masa lampau, masa kini, ataupun masa yang akan datang.
Bukan hanya itu, 2 (dua) hal ini sangat berkesinambungan sebab kedua hal ini memerlukan fakta dan penelitian yang jelas mengenai apa – apa saja yang di lakukan oleh masyarakat itu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar