Minggu, 15 Mei 2011

Kebudayaan Permainan Enggrang



Apa itu permainan Enggrang ? Enggrang berasal dari daerah tangerang, permainan ini menggunakan sepasang bambu / kayu panjang untuk berdiri lebih tinggi. Enggrang , nama ini berasal dari bahasa lampung yaitu terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang .  Enggrang berukuran normalnya sekitar 2 meter (panjang) , dari alas babu / kayu sekitar 40-50 cm nya di lubangi untuk bisa dimasukan bamboo sebagai injakannya.
Permainan ini cukup menarik, karena keseimbangan kita disini di uji. Perlu banyak keseimbangan untuk bisa memainkan alat ini.

Jaman dulu sering ada perlombaan balap enggrang pada saat perayaan hari kemerdekaan, tetapi mulai kesini permainan ini sudah sulit di temukan di berbagai daerah karena kurangnya minat orang yang ingin memainkannya. Makin sulit nya bambu dan kayu di temukan di wilayah perkotaan karena sudah banyak nya bangunan dan perumahan yang membuat bambu di tebang.
            Lain lagi di desa-desa , wilayah pedalaman atau mungkin di perkampungan yang masih banyak bambu yang bisa di gunakan sebagai bahan utama alat Enggrang dan tak jarang minat para pemainnya yang penasaran untuk memainkan permainan ini.
Panjang Enggrang itu sendiri bervariasi semau kehendak kita. Tetapi , untuk para pemula disarankan untuk tidak menggunakan enggrang yang terlalu tinggi. Cukup memakai enggrang dengan ukuran kecil bisa melatih keterampilan para pemula, itu di karenakan untuk berjaga-jaga supaya pemula tidak terlalu takut / terluka parah jika terjatuh dari enggrang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar