Minggu, 15 Mei 2011

PANJAT PINANG

Panjat pinang? Siapa yang tidak tahu panjat pinang? Panjat pinang adalah permainan atau mungkin bisa di bilang perlombaan yang banyak di jumpai saat – saat hari perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ( RI ). Panjat pinang yaitu tiang / kayu yang cukup panjang dan tinggi kira-kira 8-9 meter menjulang ke atas.

            Panjat pinang perlombaan yang cukup menarik dilihat , tetapi sulit di bayangkan jika kita melakukannya karena butuh usaha dan kerja keras yang cukup besar untuk mengikuti perlombaan panjat pinang tersebut.
Cara bermainnya cukup mudah, kita hanya memanjat sampai puncaknya yang di puncak tersebut sudah di taruh berbagai hadiah menarik seperti sepeda , makanan , uang , kipas angina , dll. Tetapi tidak semudah itu untuk mendapatkannya, di tiang nya itu sudah di lapisi oli / minyak supaya permainan lebih menarik dan tidak mudah untuk mendapatkan hadiah – hadiah yang sudah di persiapkan di akhir / ujung tiang.
Mungkin 5-7 orang untuk melakukan permainan itu, mengapa 5 -7 pemain? Itu karena kalau pemain hanya berjumlah 1-3 pemain, sangat sulit dilakukan karena kurangnya pemain untuk melakukan kerjasama untuk memanjat tiang tersebut apalagi setelah di olesi minyak / oli untuk mempersulit permainan.
Kadang kala jika pemain tidak bisa memanjat sampai akhir permainan, maka hadiah itu akan begitu saja di bagikan kepada pemain lainnya. Panjat pinang itu bukan hanya memperebutkan hadiah untuk diri sendiri, melainkan untuk kesenangan bersama dan hiburan semata untuk menghilangkan penat. Permainan ini biasa dilakukan di lapangan terbuka supaya banyak yang melihat. Acara atau permainannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar