Minggu, 15 Mei 2011

Kebudayaan permainan gangsing


Apakah permaionan Gangsing itu ?


            Permainan gangsing, mungkin banyak yang tahu apa itu gangsing. Ya, gangsing adalah permainan yang sudah ada dari zaman dahulu kala. Sekarang permainan ini menjadi tradisi budaya bagi beberapa daerah, pemainnya pun masih banyak yang memainkannya. Mungkin pemainnya tidak sebanyak seperti jaman dahulu, tapi permainan ini masih menarik untuk kalangan anak-anak. Permainan yang sudah ada  sejak jaman dahulu masih bisa ditemui di beberapa tempat.

Gangsing itu sendiri terbuat dari bahan baku kayu, dan untuk memainkan nya hanya menggunakan tali panjang.

Alat – alat yg digunakan :
 1. gangsing
 2. tali

Cukup dengan 2 alat itu kita bisa memainkan gangsing dengan teman2 kita, gangsing itu pun banyak ragam dan variasinya. Dari gangsing berbentuk bulat , lonjong , oval. Semua itu tergantung bentuk yang kita ingin kan.

Cara memainkanya :
1.      Pilih Gangsing yang akan kita pergunakan
2.      Setelah itu ambil tali
3.      Lilitkan tali yang sudah di siapkan ke Gangsing
4.      Tali di lilitkan  dari ujung bawah gangsing sapai atas sampai menutupi keseluruhan gangsing.
5.       lemparkan gangsing yang sudah dililitkan tali ke tanah untuk melihat gangsing itu berputar.

Dengan begitu kita cukup melihat kekuatan putaran gangsing yang kita putar. Di permainan ini siapa yang paling lama putaran gangsing, maka dia lah pemenangnya. Permainan ini bisa di mainkan oleh banyak kalangan, dari anak – anak , remaja , maupun orang tua.

Lain lagi di wilayah bagian timur Bali (  Kabupaten Singaraja ) ,permainan gangsing sudah menjadi seni olahraga turun temurun. Disana masih  banyak bisa kita jumpai permainan gangsing itu , bahkan disana ada suatu perlombaan yang sengaja di selenggarakan untuk permainan gangsing itu. Dari perlombaan itu walau kalah kita cukup senang / bahagia karena permainan itu cukup menghibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar