Senin, 16 Mei 2011

Kelereng / Gundu

Permainan Kelereng / Gundu


            Siapa yang tidak tahu permainan Kelereng? Permainan ini   sering dimainkan oleh kalangan anak – anak, permainan yang sangat seru dan mengasikan ini terbuat dari kaca. Ukuran kelereng umumnya berdiameter 1,25 cm., karena cara bermainnya yaitu dengan menyelipkan kelereng di antara jari2 dan menyentilkannya ke sasaran.
Cara bermainnya sangat mudah, ajak beberapa pemain lalu taruh beberapa kelereng di dalam lingkaran yang telah dibuat, dari jarak yang sudah di tentukan kemudian bergantian menyentil kea rah kelereng yang di kumpulkan di dalam lingkaran dengan 1 kelereng yang telah kita pilih. Nah, jika kelereng dalam sasaran itu ada yang terkena dan keluar dari lingkaran maka kelereng tersebut berhak dimiliki olej peserta yang behasil mengenai dan mengeluarkan kelereng dari dalam lingkaran.

Permainan itu cukup terkenal di jaman dahulu, sangat di sayangkan pada jaman sekarang karena sudah sedikit peminat pemain kelereng. Mungkin karena anak – anak jaman sekarang kurangnya di ajarkan kesenian – kesenian dan permainan jaman dahulu yang sekarang sudah menjadi budaya yag terlupakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar